Panglima TNI soal Evakuasi WNI: Natuna Tempat Isolasi Terbaik untuk Penanganan Virus Corona



Seputarandetikterkini - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan TNI sudah menyiapkan sarana dan prasarana berupa tempat isolasi untuk mendukung protokoler kesehatan untuk penjemputan WNI dari Hubei, China.

"Tempat isolasi yang jauh dari penduduk dan yang terbaik adalah wilayah Natuna. Natuna adalah pangkalan militer yang memiliki rumah sakit yang dikelola oleh tiga militer yakni Angkatan darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara," kata Hadi.

Rencananya, WNI yang dijemput akan turun dari pesawat dan langsung masuk ke tempat penampungan yang dapat menampung 300 orang. Tempat penampungan ini memiliki MCK dan dapur lapangan.

"Anggar ini memiliki jarak ke rumah penduduk kurang lebih 5-6 km dan ke dermaga 6 km, sehingga dari hasil penilaian memenuhi persyaratan protokoler kesehatan," ucap Haadi.

Hadi juga menyatakan TNI bakal memantau pergerakan pesawat dari China hingga kembali ke Indonesia.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo memastikan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dipulangkan dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China tidak terinfeksi virus corona.

"Pemerintah menjamin, WNI yang pulang dari China dalam kondisi sehat, dan prosedur pengamanan dilakukan secara teliti," kata Doni dikutip dari Antara, Sabtu (31/1).

Seluruh WNI yang dipulangkan sudah melalui rangkaian proses pemeriksaan kesehatan. Dalam hal ini, apabila terindikasi demam, WNI bersangkutan tidak boleh keluar dari Wuhan.

Doni menerangkan, setiba di Indonesia, seluruh WNI itu akan diobservasi selama 2 pekan sebelum kembali ke keluarga masing-masing.

(tst/asa)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mobil Goyang-goyang, Oknum Dokter dan Perawat Digerebek di Bandara Haluoleo

Video Viral Siswi SMA Digerayangi Ramai-ramai Dicari, Pemprov Sulut Gandeng Polisi

Menjadi Viral Video Mesum di Tiktok, Remaja Pengunggah Masih Status Pelajar SMP