Betrand Peto Minum ASI Sarwendah, Pakar Laktasi Angkat Bicara

Sarwendah dan Ruben Onsu (Foto: Palevi S/detikFoto)
Anak Angkat Sarwendah dan Ruben Onsu (Foto: Palevi S/detikFoto)


Seputarandetikterkini- Beberapa waktu lalu Ruben Onsu mengaku memberikan ASI (Air Susu Ibu) sang istri, Sarwendah pada anak angkatnya, Betrand Peto. Hal ini menuai kontroversi sebab Betrand sudah berusia 14 tahun.

Diketahui bahwa Betrand yang meminta sendiri untuk meminum ASI. Hal ini karena ia tak pernah merasakan ASI sejak kecil hingga penasaran dengan rasanya. Ruben dan Sarwendah akhirnya mengizinkan ASI perahnya diminum anak angkatnya yang beranjak remaja tersebut.

Sebenarnya anjuran minum ASI sampai usia berapa, sih?

dr Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, Satuan Tugas ASI IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), mengatakan bahwa organisasi kesehatan WHO menganjurkan ibu memberikan ASI sampai anak berusia 2 tahun. Ia justru mempertanyakan jika ASI diberikan pada remaja atau orang yang sudah dewasa.

"Tujuannya apa? Karena kalau bayi kan jelas tujuannya. Pertama, ASI itu untuk nutrisi. Kedua proses menyusui itu untuk kebutuhan mental emosional, ada bonding antara bayi dan ibu. Ketiga, fungsi stimulasi sensorik dan motorik. Ini fungsi vital yang harus dimiliki bayi untuk tumbuh kembangnya. Kalau untuk remaja atau dewasa saya nggak paham fungsinya apa," katanya saat dihubungi detikcom, Selasa (19/11/2019).

Menurutnya, sampai saat ini penelitian terkait manfaat ASI untuk cegah penyakit baru dilakukan pada bayi. Belum ada penelitian manfaat ASI pada anak remaja maupun orang dewasa.

"Jadi pemberian ASI pada bayi ada efek jangka panjang untuk cegah diabtes, hipertensi, serangan jantung, dan kanker ketika seseorang dewasa. Jangan kita balik. Orang yang udah punya diabetes, hipertensi, dan parkinson, minum ASI lalu sembuh, bukan seperti itu," tegasnya.

(up/up)

Sumber: healthdetik.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mobil Goyang-goyang, Oknum Dokter dan Perawat Digerebek di Bandara Haluoleo

Video Viral Siswi SMA Digerayangi Ramai-ramai Dicari, Pemprov Sulut Gandeng Polisi

Menjadi Viral Video Mesum di Tiktok, Remaja Pengunggah Masih Status Pelajar SMP